Sabtu, 19 November 2016

Tempat Wisata di Boyolali

Wisata Tlatar

Tlatar merupakan sebuah Dukuh yang beralamat lengkap di Dukuh Tlatar Desa Kebonbimo, Kabupaten Boyolali Jawa Tengah. Di kawasan wisata Boyolali ini terdapat 2 buah pemandian dengan mata air yang sangat jernih. Pemandian ini adalah Pemandian Umbul Pengilon dan Pemandian Umbul Asem. Setiap menjelang Bulan Raadhan, ada tradisi menarik di pemandian ini yaitu "Padusan". Dimana masyarakat akan berduyun-duyun melakukan mandi bersama di tempat pemandian dengan tujuan untuk mensucikan badan dan jiwa untuk memasuki Bulan Puasa. Selain pemandian terdapat juga beberapa pemancingan dan rumah makan yang menyediakan menu ikan air tawar seperti lele, nila, gurameh dan mujair. Masakan di sini sangat enak, sehingga banyak rombongan yang berdatangan untuk melakukan kegiatan tertentu beik syukuran, ulang tahun, komunitas, reuni dll.

2. Gunung Merapi dan Gunung Merbabu

Gunung Merapi dan Gunung Merbabumerupakan 2 buah gunung besar yang terletak berdampingan. Di sela kedua gunung tersebut terdapat salah satu kecamatan yang masih masuk dalam Kabupaten Boyolali, yaitu Kecamatan Selo. Di kawasan ini terdapat pos pendakian menuju Puncak Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Namun yang paling ramai adalah pendakian Gunung Merapi, karena dari Selo hanya dibutuhkan waktu sekitar 4 jam Sedangkan untuk mencapai Puncak Merbabu dari Selo dibutuhkan waktu 8 jam. Sehingga untuk mendaki Gunung Merbabu banyak yang memilih memulai dari Kopeng. Jalur Selo juga merupakan jalur yang menghubungkan Kota Boyolali dengan Kota Magelang. Jika anda melewati jalur ini maka anda akan mendapati pemandangan yang sangat indah. Puncak kedua gunung dapat terlihat jelas. Apalagi Puncak Merapi yang ujungnya dipenuhi lahar dingin berwarna putih masih terlihat dengan jelas. Namun anda juga harus hati-hati karena jalur ini cukup berbahaya. 

3. Pemandian Umbul Pengging

Pemandian Umbul Pengging adalah obyek wisata di Boyolali selanjutnya yang akan kita bahas. Pemandian ini terletak di Desa Pengging, Kecamatan Banyudono Kabupaten Boyolali. Kawasan wisata Umbul Pengging ini terdapat beberapa pemandian dengan gaya arsitektur yang masih kuno. Pemandian ini memiliki nilai historis yang tinggi. Konon katanya Pemandian ini merupakan tempat peristirahatan Raja Kasunanan Surakarta. Pemandian yang ada di dalam kompleks Pengging itu juga dipergunakan untuk pemandian keluarga kerajaan. 

4. Air Terjun Kedung Kayang

Wisata Air Terjun Kedung Kayang ini merupakan salah satu tempat wisata yang memiliki pemandangan yang sangat indah yaitu berupa air terjun yang lumayan deras. Lokasi Air Terjun Kedung Kayang ini beraa di antara dua Gunung yaitu Merbabu dan Merapi. Keberadaan tempat wsiata ini juga banyak menjadi perdebatan karena berada di perbatasan dua wilayah yaitu Magelang dan Boyolali. Sampai saat ini kami sendiri belum mengerti yang sebenarnya pengelolaan obyek wisata ini dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Boyolali ataukah Magelang. Lokasi Air Terjun Sawangan ini berad di perbatasan antara  Desa Wonolelo, kecamatan Sawangan, kabupaten Magelang dan Desa Klakah Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali.

5. Waduk Badhe

Di Boyolali juga terdapat waduk yang dijadikan sebagai tempat wisata. Ada beberapa waduk diantaranya adalah Waduk Badhe. Waduk Badhe merupakan tempat wisata di Boyolali yang terdapat di Desa Badhe, Kecamatan Klego Boyolali. Waduk Badhe dibangun untuk keperluan irigasi, perikanan dan juga sebagai tempat wisata bagi masyarakat Boyolali dan sekitarnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar